Tutorial Cara Menambahkan Touching Control untuk Game menggunakan Construct 2
Berikut adalah langkah-langkahnya...
1. Buka aplikasi Construct 2
2. Pilih file > new > new empty project
3. Insert object seperti gambar dibawah ini di layer game. seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan How to Make a Game sebelumnya.
4. lalu buat layer baru dengan nama HUD. atur besar parallax menjadi 0, 0. fungsinya agar objek-objek yang dibuat pada layer ini ikut bergerak saat game di mainkan.
5. lalu klik kanan layar > insert new object. pilih sprite lalu ubah nama objek leftMovementButton. lalu klik insert.
6. open file. pilih gambar arah kiri. lalu klik open. setelah itu resize ukuran gambar menjadi 60x50. lalu close.
7. lalu ulang langkah 5, tambahkan objek untuk yang arah ke kanan dengan nama RightMovementButton ukuran 60x50 dan ke atas dengan nama jumpButton ukuran 50x60.
8. pindahkan objek arah ke bagian bawah
9. lalu klik kanan pada layar > insert new object > touch > insert
10. lalu klik kanan pada layar > edit event sheet
11. klik Add Event > pilih touch > next
12. pilih is touching object > next
13. pilih objek (click to choose) > leftMovementButton > ok
14. setelah itu pilih add action > pilih objek yang dimasukan pada langkah 3 diatas, disini nama objek saya sprite2 > next
15. pilih simulate control > next
16. pilih control left > done
17. ulangi dari langkah 11, ubah untuk yang rightMovement
18. klik add action > pilih sprite2 > next
19. pilih simulate control > next
20. pilih control right > done
21. tambahkan action pada leftMovementButton > pilih sprite2> next
22. pilih set mirrored > next
23. pilih mirrored > done. fungsinya saat dimainkan ketika leftMovementBittonnya di touch maka si objek sprite2 akan flipped ke arah sebaliknya/mirrored.
24. lalu kembali add event > pilih touch > next
25. pilih is touching object > next.
26. pilih objek (click to choose) > pilih jumpButton > ok
27. add action > pilih sprite2 > next > pilih simulate control > next > ubah control jadi jump > done.
28. kembali ke layout game tadi. lalu insert new object > pilih sprite > open file > pilih gambar > ubah size menjadi 30x30.
29. ubah layer objek ke layer HUD
30. lalu klik kanan > edit event sheet
31. Add Event > pilih touch > next > pilih is touching object > next > pilih object (click to choose) > pilih objek home > ok
32. lalu Add action > pilih system > next > pilih go to layout > next > pilih layout game menu (game menu buat di layout baru)
saya lupa menambahkan action mirrored di rightMovementButton
33. add action pada rightMovementButton > pilih sprite2 > next
34. pilih set mirrored > next > lalu pilih not mirrored > done
35. lalu Run Layout
0 komentar:
Posting Komentar